--> Skip to main content

Tips memilih template blog yang benar bagi pemula

Tips memilih template blog yang benar bagi pemula - Kejadian yang sering terjadi pada blogger yang baru-baru selesai membuat blog adalah pasti bingung memilih template blog yang bagus dan keren animasinya. Kalau dianggap jelek atau kebetulan melihat yang baru langsung dah ganti. Besok melihat template baru yang bagus tampilannya ganti lagi begitu terus kayak ane dulu. :D


template bagus

Saya dulu gak tau bagaimana kira-kira template yang bagus itu kayak apa? yang saya tahu yang penting bagus saya liat itulah yang paling bagus menurut saya.

Tapi ternyata oh ternyata template yang tampilannya keren belum tentu bagus loh. Selain itu juga kebiasaan bagi blogger baru kayak saya dulu yang suka ganti template sangat berpengaruh buruk bagi blog.

Terus bagaimana cara milih template blog yang bagus dan benar??

Oke langsung saja ke intinya. Ada beberapa parameter yang harus dipastikan sebelum anda meilih template. Template yang baik adalah template yang disukai oleh mesin pencari dan mata manusia. Berikut syaratnya:


1. Template yang bersih dan user friendly

Apa maksudnya template yang bersih dan user friendly??

Maksudnya bersih yaitu temlplate blog sederhana tidak banyak widget-widget yang gak berguna. Seperti widget jam, pageview, awan, petir dan sejenisnya. Buang semua widget yang gak  ada gunanya. 

User friendly maksudnya adalah bersahabat dengan pengunjung. Template yang bersahabat dengan pengunjung adalah template blog yang sederhana dan menu navigasi yang jelas. Sehingga pengunjung dengan mudah mengeksploitasi isi blog.


2. Responsife dan fast loading

Responsife adalah template mampu menyesuaikan diri di perangkat apa saja, tampilannya responsife/flexibel. Era sekarang ini banyak orang menggunakan peralatan mobile dan gadget untuk mengakses internet. Itulah mengapa template blog anda harus flexibel disemua perangkat.

Untuk mengecek apakah template yang anda pilih responsife atau tidak silahkan gunakan tool berikut:


Silahkan masukkan alamat blog anda untuk menguji apakah template yang digunakan benar-benar sudah responsife.

Fast Loading adalah ciri-ciri blog yang di sukai oleh google.com . Google lebih memilih untuk mengindeks blog yang mempunyai waktu loading cepat. Untuk melihat berapa kecepatan loading blog silahkan menggunakan tools berikut:

Silahkan pilih sesuai selera anda mau menggunakan tools yang mana. Kalau ingin melihat hasil yang lebih lengkap gunakan GTmetrix.


3. SEO

Seo adalah salah satu faktor yang penting dalam sebuah template. Seo bukan hanya sekedar nilai tetapi lebih dari itu. Template yang SEOnya mencapai 100% berarti template tersebut struktur data nya sangat bagus, sudah diterapkan optimasi SEO standar untuk sebuah blog. Standar SEO sebuah template adalah 80%. SEO juga berfungsi untuk meningkatkan rating blog di mata serch engine.

Untuk melihat berapa skor seo anda silahkan menuju ke halaman berikut:

Masukkan alamat blog kemudian klik check SEO score.

cek skor seo


4. Perhatikan struktur datanya 

Perhatikan juga struktur data nya apakah ada error apa nggak. Apabila banyak error mending ganti deh. Kalau cuma error bagian dasar anda bisa memperbaikinya sendiri. Silahkan baca Cara mengatasi error data di struktur webmaster lengkap

Untuk mengecek apakah terdapat error atau tidak silahkan kunjungi situs google webmaster

google struktur data testing tool

Itulah syarat utama cara memilih template yang benar semoga bermanfaat. Apabila anda bingung model template yang baik dan benar itu seperti apa silahkan cek di artikel saya sebelumnya Template blogger paling keren, seo dan fast-loading

Regards;

+Pemulung Jalanan 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Coba aplikasi TipsdanTrik.web.id

Tambahkan aplikasi TipsdanTrik di smartphone tanpa install, buka TipsdanTrik dengan browser Chrome di smartphone. Kemudian klik ikon 3 titikdi browser dan pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi TipsdanTrik dari layar utama smartphone Anda.